Saturday, December 24, 2022

TANTANGAN KONEKSI ANTAR MATERI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PARADIGMA BARU DENGAN DUNIA REALITAS YANG DIHADAPI

Setelah mempelajari pembelajaran diferensiasi tentunya kalian sudah tahu pembelajaran apa saja yang dapat kita koneksikan dengan mata pelajaran lainnya atau dengan dunia realitas yang kita hadapi. Untuk itu yuk kita simak lebih lanjut gambar di bawah ini.

Gambar 1. Mind Mapping Koneksi Antar Materi Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik. Saya sebagai guru nantinya memfasilitasi peserta didik sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda sehingga dalam penerapannya tidak dapat diberi perlakuan yang sama.

1.      Literasi Lintas Mata Pelajaran

Dimana pada mata kuliah literasi lintas mata pelajaran mengajarkan bahwa keterampilan setiap individu perlu dilatih terlebih dalam membaca, menulis, berfikir kritis, menghitung, memahami dan memecahkan masalah untuk mendapatkan suatu pengetahuan baru misalnya keterampilan membaca scanning dan skimming sehingga mengetahui kebutuhan informasi, menemukan, mengevaluasi dan efektif memakai informasi tersebut untuk mengangkat isu atau masalah yg dihadapi khususnya dalam memahami informasi pada setiap mata pelajaran. Kemudian dalam memahami informasi pada setiap mata pelajaran dapat menggunakan teks multimoda untuk memudahkan peserta didik memahami materi pembelajaran yang akan disampaikan.  Messkipun pada pembelajaran guru telah menyediakan buku teks sebagai bahan pembelajaran, peserta didik tidak serta merta mengetahui cara memahami buku teks tersebut, untuk itu peran guru disini adalah melatih kemampuan peserta didik mengenai strategi membaca yang kita kenal konsep literasi lintas mata pelajaran.

2.      Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya

Belajar mengajar merupakan proses yang penting dalam pendidikan untuk itu kita perlu mempelajari tentang motivasi belajar dan paradigma personel peserta didik karena setiap peserta didik memiliki kepribadian yang berbeda, motivasi belajar yang berbeda untuk itu berpengaruh pada proses pembelajarannya. Teori belajar ini dapat dilihat dari 3 sudut pandang yakni tepri behaviorisme, sosial kognitif dan konstruktivisme. Pada pembelajaran paradigma baru saat ini teori belajar yang diterapkan adalah teori konstruktivisme yaitu teori pembelajaran peserta didik yang terjadi karena ada suatu pengalaman-pengalaman yang terjadi dan memadukannya dengan pengalaman baru untuk menumbuhkan pengetahuan siswa menjadi lebih berkembang. Perbedaan usia pun memiliki upaya peningkatan motivasi yang berbeda untuk itu ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memahami peserta didik.

3.      Filosofi Pendidikan

Apabila dikaitkan dengan materi pembelajaran diferensiasi kita dapat merefleksi diri alasan kuat menjadi seorang guru, mengetahui bagaimana perbedaan peserta didik pada saat saya duduk dibangku sekolah dengan peserta didik saat ini. Peserta didik sebelumnya cenderung seperti bayi yang menunggu disuap nasi agar bisa kenyang sedangkan peserta didik saat ini dapat mencari makan sendiri dari berbagai cara. Maksudnya adalah setelah mempelajari filosofi pendidikan ini kita dapat mengetahui perbedaan peserta didik dahulu cenderung pasif, seorang guru yang cendernung aktif untuk melatih bagaimana cara membaca, menulis, apa pengertian dari suatu materi yang akan disampaikan sehingga peserta didik masih bergantung pada guru akan memberikan asupan materi apa saat hari ini. Sedangkan peserta didik saat ini cenderung lebih aktif untuk mengetahui dan mencari hal hal baru. Sebagian besar mereka telah memiliki pandangan sendiri, namun masih dibutuhkannya peran guru sebagai penguat materi dan memberikan pemahaman lebih kepada peserta didik untuk dapat menuntun proses pembelajaran sesuai kebutuhan tiap peserta didik.

Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa unduh Mind Mapping Koneksi Antar Materi Pembelajaran Berdiferensiasi pada link berikut ini : 

https://drive.google.com/file/d/1Dc9IP-ShoXmCWvlmRrgm7JbAX5Hob3Br/view?usp=share_link

Jadi gimana pendapat teman-teman setuju tidak setelah kita mempelajari pembelajaran diferensiasi, terdapat keterkaitan dengan mata pelajaran lainnya dan dengna dunia realitas yang sering kita hadapi. Jangan lupa tinggalkan komentar ya teman-teman..

terima kasiih..

No comments:

Post a Comment

MULAI DARI DIRI TOPIK 5 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI_SILVIA GINTA KIRANA_1922730158

MULAI DARI DIRI – TOPIK 5 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI   1.         Apa saja yang harus dievaluasi untuk pembelajaran berdiferensiasi?...