MULAI DARI DIRI – TOPIK
5
PEMBELAJARAN
BERDIFERENSIASI
1.
Apa saja yang harus
dievaluasi untuk pembelajaran berdiferensiasi?
Yang harus dievaluasi
dalam pembelajaran berdiferensiasi adalah apakah seorang guru benar-benar sudah
melakukan observasi tentang pemetaan kebutuhan peserta didik yang mencakup tiga
aspek yaitu kesiapan belajar, minat belajar, dan profil peserta didik sebelum
melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.
2.
Bagaimana cara Anda
memastikan bahwa Anda sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi?
Cara untuk memastikan
bahwa saya sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah saya telah
memahami minat dan keinginan peserta
didik yang di tuangkan dalam strategi dan metode yang diterapkan dalam proses
pembelajaran.
3.
Apa yang harus Anda lakukan
untuk memastikan pembelajaran berdiferensiasi berjalan dengan baik?
Yang harus dilakukan
untuk memastikan pembelajaran berdiferensiasi berjalan dengan baik adalah:
a.
Melakukan pemetaan
kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek, yaitu kesiapan belajar, minat
belajar, dan profil belajar peserta didik yang dapat dilakukan melalui
wawancara, observasi, atau survey menggunakan angket.
b.
Merencanakan
pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan (memberikan berbagai
pilihan baik dari strategi, materi, maupun cara belajar)
c.
Mengevaluasi dan
refleksi pembelajaran yang sudah berlangsung
No comments:
Post a Comment