Hasil
Refleksi
Kegiatan refleksi pada siklus 3 ini menggunakan perencanaan pada pertemuan
ke 8, dimana kegiatan refleksi dilakukan dua kali yaitu pada saat sebelum
pembelajaran dan pada saat setelah pembelajaran yang ditanyakan secara
lisan.Kegiatan refleksi diambil dari materi pada pertemuan sebelumnya yaitu
mengenai komunikasi lisan mengenai jenis rapat, kemudian berlatih membuat
dialog telephone yang dikirim melalui e-mail, kemudian menanyakan praktik
perkantoran apa yang ingin peserta didik?
Hasil refleksi menunjukkan sebagian besar peserta didik ingin praktik
bertelephone, menggunakan mesin penghancur kertas, laminating dan mesin ketik
manual. Setelah hasil refleksi peserta didik saya konsultasikan dengan guru
kela, maka guru kelas mengarahkan untuk praktik bertelephone. Dan materi
berikutnya adalah masuk pada materi sistem informasi manajemen dan komunikasi
kantor. Untuk itu agar pembelajaran dapat berjalan efektif maka dapat dilakukan
implementasi koneksi antar materi sebagai berikut :
1. Belajar
sarana komunikasi modern yaitu video conference membuat jadwal zoom dan google
meet.
2.
Komunikasi lisan dengan cara persentasi
menyiapkan bahan untuk dipersentasikan yaitu materi tentang zoom atau google
meet.
3. Serta
koneksi materi bertelephone di sela waktu pembuatan tugas.
Kemudian pada proses pembelajaran, guru model telah menanyakan bagaimana
perasaan peserta didik saat itu menerapkan koneksi antar materi?
Peserta didik merasa antusias dalam menyelesaikan tugasnya karena
sebelumnya belum pernah dilakukan, dan peserta didik dapat menyimpulkan bahwa
dalam menyelesaikan tugas harus cepat tanggap karena saat bekerja dilapangan
nantinya akan ada lebih banyak pekerjaan yang menumpuk, belajar fokus, meskipun
melelahkan namun mereka merasa senang dan waktu tidak terasa berlalu begitu
cepat. Selain itu, salah satu peserta didik juga menyampaikan mereka tidak
merasa tertekan karena apabila ada kendala atau hambatan dapat meminta bantuan
dengna guru model tanpa rasa takut atau canggung.
Rencana Tindak
Lanjut
Berdasarkan hasil refleksi peserta didik yang telah dilakukan di atas,
beberapa rencana tindak lanjut pada pertemuan berikutnya antara lain :
1. Konsistem menerapkan program membaca secara berkala dan
mempertahakan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.
2.
Membuar
perencanaan menyesuaikan dengan kemampuan kognitif peserta didik, minat dan
gaya belajar peserta didik dengan memberinya tawaran beberapa opsi namun
kendali tetap dipegang oleh guru model sebagai fasilitator mempertimbangkan
berbagai aspek.
3.
Menerapkan
pembelajaran koneksi antar materi yang efektif namun tidak memberatkan peserta
didik sehingga peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan nyaman.
4.
Mengambil
tindakan dari bagaimana pemahaman peserta didik pada rencana tindak lanjut
sebelumnya mengenai perbedaan setelah dibiasakan melakukan kegiatan literasi
dengan kebiasaan tidak melakukan kegiatan literasi.
5.
Menjadi
pendengar yang baik untuk seluruh peserta didik.
6.
Berfokus
pada kualitas belajar dengan proses pembelajaran yang senantiasa menarik untuk
itu perlu dilakukan sharing secara berkala dengan rekan PPL, guru maupun dengan
para senior lainnya serta memperkaya pengetahuan memanfaatkan platform gawai.
7. Mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik
peserta didik, disesuaikan dengan zamannya sehingga tidak lagi pembelajaran
yang konvensional.
No comments:
Post a Comment