Tuesday, March 14, 2023

Refleksi Akhir PPL 1 - Silvia Ginta Kirana



Hasil Refleksi

 

Kegiatan refleksi pada siklus 3 ini menggunakan perencanaan pada pertemuan ke 8, dimana kegiatan refleksi dilakukan dua kali yaitu pada saat sebelum pembelajaran dan pada saat setelah pembelajaran yang ditanyakan secara lisan.Kegiatan refleksi diambil dari materi pada pertemuan sebelumnya yaitu mengenai komunikasi lisan mengenai jenis rapat, kemudian berlatih membuat dialog telephone yang dikirim melalui e-mail, kemudian menanyakan praktik perkantoran apa yang ingin peserta didik?

Hasil refleksi menunjukkan sebagian besar peserta didik ingin praktik bertelephone, menggunakan mesin penghancur kertas, laminating dan mesin ketik manual. Setelah hasil refleksi peserta didik saya konsultasikan dengan guru kela, maka guru kelas mengarahkan untuk praktik bertelephone. Dan materi berikutnya adalah masuk pada materi sistem informasi manajemen dan komunikasi kantor. Untuk itu agar pembelajaran dapat berjalan efektif maka dapat dilakukan implementasi koneksi antar materi sebagai berikut :

1.      Belajar sarana komunikasi modern yaitu video conference membuat jadwal zoom dan google meet.

2.      Komunikasi lisan dengan cara persentasi menyiapkan bahan untuk dipersentasikan yaitu materi tentang zoom atau google meet.

3.      Serta koneksi materi bertelephone di sela waktu pembuatan tugas.

Kemudian pada proses pembelajaran, guru model telah menanyakan bagaimana perasaan peserta didik saat itu menerapkan koneksi antar materi?

Peserta didik merasa antusias dalam menyelesaikan tugasnya karena sebelumnya belum pernah dilakukan, dan peserta didik dapat menyimpulkan bahwa dalam menyelesaikan tugas harus cepat tanggap karena saat bekerja dilapangan nantinya akan ada lebih banyak pekerjaan yang menumpuk, belajar fokus, meskipun melelahkan namun mereka merasa senang dan waktu tidak terasa berlalu begitu cepat. Selain itu, salah satu peserta didik juga menyampaikan mereka tidak merasa tertekan karena apabila ada kendala atau hambatan dapat meminta bantuan dengna guru model tanpa rasa takut atau canggung.




Rencana Tindak Lanjut

 

Berdasarkan hasil refleksi peserta didik yang telah dilakukan di atas, beberapa rencana tindak lanjut pada pertemuan berikutnya antara lain :

1.      Konsistem menerapkan program membaca secara berkala dan mempertahakan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.

2.      Membuar perencanaan menyesuaikan dengan kemampuan kognitif peserta didik, minat dan gaya belajar peserta didik dengan memberinya tawaran beberapa opsi namun kendali tetap dipegang oleh guru model sebagai fasilitator mempertimbangkan berbagai aspek.

3.      Menerapkan pembelajaran koneksi antar materi yang efektif namun tidak memberatkan peserta didik sehingga peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan nyaman.

4.      Mengambil tindakan dari bagaimana pemahaman peserta didik pada rencana tindak lanjut sebelumnya mengenai perbedaan setelah dibiasakan melakukan kegiatan literasi dengan kebiasaan tidak melakukan kegiatan literasi.

5.      Menjadi pendengar yang baik untuk seluruh peserta didik.

6.      Berfokus pada kualitas belajar dengan proses pembelajaran yang senantiasa menarik untuk itu perlu dilakukan sharing secara berkala dengan rekan PPL, guru maupun dengan para senior lainnya serta memperkaya pengetahuan memanfaatkan platform gawai.

7.      Mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, disesuaikan dengan zamannya sehingga tidak lagi pembelajaran yang konvensional.

 


No comments:

Post a Comment

MULAI DARI DIRI TOPIK 5 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI_SILVIA GINTA KIRANA_1922730158

MULAI DARI DIRI – TOPIK 5 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI   1.         Apa saja yang harus dievaluasi untuk pembelajaran berdiferensiasi?...