Mulai dari diri Topik 3
Mata pelajaran : PPA yang
Efektif I di Sekolah Menengah
Dosen pengampu : Dr. Dewi
Apriani Fr, MM
Disusun Oleh : Silvia Ginta Kirana
NPM : 1922730158
Jurusan : Ekonomi
PPG Prajabatan Gel. 2
Berdasarkan pemahaman Anda
sendiri:
- Bagaimana strategi untuk
mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan peserta didik?
Jawab :
Untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan dan kelemahan peserta didik dapat dilakukan menggunakan kegiatan tes diagnosis kognitif untuk menguji kemampuan dan capaian belajar peserta didik berupa pengayaan/quiziz sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik. Asesmen diagnostik dilatarbelakangi oleh beberapa hal yaitu perlunya teaching at the right lecel, kondisi kompetensi peserta didik yang bervariasi, the is No “One Sise fits All”. Selain tes diagnosis kognitif juga dapat dilakukan tes diagnosis non kognitif untuk mengukut aspek psikologi dan kondisi emosional anak seperti kesejahteraan emosi dan sosial emosi peserta didik, aktivitas selama belajar dari rumah, kondisi keluarga peserta didik.
- Bagaimana strategi merencanakan
pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik?
Jawab :
Strategi merencanakan pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik dilakukan dengan melihat pada hasil tes diagnosis yang telah dilakukan karena nantinya hasil dari tes diagnosis tersebut dapat digunakan oleh pendidik untuk merencanakan pembelajaran yang efisiem, memperoleh informasi yang lengkap tentang kelebihan/kesulitas belajar peserta didik, karakteristik peserta didik. Selain itu dapat membantu guru dalam memperoleh pemahaman situasi terkini, sumber belajar yang diperlukan untuk proses pembelajaran, kemudian dapat diambil tindakan untuk mendapatkan hasil belajar yang meningkat menyesuaikan kebutuhan peserta didik.
- Bagaimana semestinya melaksanakan pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik?
Jawab :
Melaksanakan pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik dapat dilakukan melalui tahapan :
1)
Perencanaan
2)
Pelaksanaan
3)
Diagnosis
dan tindak lanjut
Tahapan ini dapat dikembangkan secara teknis menjadi :
a.
Menganalisis
kompetensi dasar
b.
Mengdentifikasi
kompetensi dasar sustansial
c.
Menganalisis
keterkaitan materi capaian pembelajaran di kelas
d.
Menyusun
soal
e.
Menganalisis
jawaban peserta didik
f.
Menginterpretasikan
hasil jawaban peserta didik
g.
Menentukan
tindak lanjut atau rencana kegiatan.
- Jelaskan seperti apa penyesuaian
pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik!
Jawab :
Penyesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan
karakteristik peserta didik dilakukan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Misalnya
pada awal pembelajaran telah dilakukan tes diagnostik. Kemudian dari hasil
diagnostik tersebut pembelajaran dilakukan dengan memberikan treatment yang
berbeda pada tiap tingkatan, yaitu tingkatan rendah, sedang tinggi. Peserta didik
dilakukan pemetaan berdasarkan tingkatan tersebut. Peserta didik pada tingkatan
rendah dilakukan pendekatan dan pemahaman lebih banyak dibandingkan dengan
tingkat rendah dan atas. Kemudian pada peserta didik dengan tingkat sedang
tidak sebanyak bantuan pada peserta didik tingkat rendah. Sementara peserta
didik pada tingkatan tinggi hanya cukup diperiksa progresnya saja dan diberikan
masukan/tambahan jika memang diperlukan.
No comments:
Post a Comment