Monday, January 16, 2023

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I di Sekolah Menengah - Mulai Dari Diri - Topik 3

 

Mulai dari diri Topik 3

Mata pelajaran          : PPA yang Efektif I di Sekolah Menengah

Dosen pengampu       : Dr. Dewi Apriani Fr, MM

Disusun Oleh             : Silvia Ginta Kirana

NPM                           : 1922730158

Jurusan                      : Ekonomi PPG Prajabatan Gel. 2

 

Berdasarkan pemahaman Anda sendiri:

  1. Bagaimana strategi untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan peserta didik?

Jawab :

Untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan dan kelemahan peserta didik dapat dilakukan menggunakan kegiatan tes diagnosis kognitif untuk menguji kemampuan dan capaian belajar peserta didik berupa pengayaan/quiziz sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik. Asesmen diagnostik dilatarbelakangi oleh beberapa hal yaitu perlunya teaching at the right lecel, kondisi kompetensi peserta didik yang bervariasi, the is No “One Sise fits All”. Selain tes diagnosis kognitif juga dapat dilakukan tes diagnosis non kognitif untuk mengukut aspek psikologi dan kondisi emosional anak seperti kesejahteraan emosi dan sosial emosi peserta didik, aktivitas selama belajar dari rumah, kondisi keluarga peserta didik.

  1. Bagaimana strategi merencanakan pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik?

Jawab :

Strategi merencanakan pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik dilakukan dengan melihat pada hasil tes diagnosis yang telah dilakukan karena nantinya hasil dari tes diagnosis tersebut dapat digunakan oleh pendidik untuk merencanakan pembelajaran yang efisiem, memperoleh informasi yang lengkap tentang kelebihan/kesulitas belajar peserta didik, karakteristik peserta didik. Selain itu dapat membantu guru dalam memperoleh pemahaman situasi terkini, sumber belajar yang diperlukan untuk proses pembelajaran, kemudian dapat diambil tindakan untuk mendapatkan hasil belajar yang meningkat menyesuaikan kebutuhan peserta didik.

  1. Bagaimana semestinya melaksanakan pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik?

Jawab :

Melaksanakan pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik dapat dilakukan melalui tahapan :

1)      Perencanaan

2)      Pelaksanaan

3)      Diagnosis dan tindak lanjut

Tahapan ini dapat dikembangkan secara teknis menjadi :

a.       Menganalisis kompetensi dasar

b.      Mengdentifikasi kompetensi dasar sustansial

c.       Menganalisis keterkaitan materi capaian pembelajaran di kelas

d.      Menyusun soal

e.       Menganalisis jawaban peserta didik

f.       Menginterpretasikan hasil jawaban peserta didik

g.      Menentukan tindak lanjut atau rencana kegiatan.

  1. Jelaskan seperti apa penyesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik!

Jawab :

Penyesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik dilakukan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Misalnya pada awal pembelajaran telah dilakukan tes diagnostik. Kemudian dari hasil diagnostik tersebut pembelajaran dilakukan dengan memberikan treatment yang berbeda pada tiap tingkatan, yaitu tingkatan rendah, sedang tinggi. Peserta didik dilakukan pemetaan berdasarkan tingkatan tersebut. Peserta didik pada tingkatan rendah dilakukan pendekatan dan pemahaman lebih banyak dibandingkan dengan tingkat rendah dan atas. Kemudian pada peserta didik dengan tingkat sedang tidak sebanyak bantuan pada peserta didik tingkat rendah. Sementara peserta didik pada tingkatan tinggi hanya cukup diperiksa progresnya saja dan diberikan masukan/tambahan jika memang diperlukan.

 

No comments:

Post a Comment

MULAI DARI DIRI TOPIK 5 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI_SILVIA GINTA KIRANA_1922730158

MULAI DARI DIRI – TOPIK 5 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI   1.         Apa saja yang harus dievaluasi untuk pembelajaran berdiferensiasi?...