Mata
Kuliah : Proyek
Kepemimpinan I
Dosen
Pengampu : Prof. Dr. Sitti Hartinah
DS, MM.
Nama
Mahasiswa : Silvia Ginta Kirana
NPM : 1922730158
Prodi : PPG Prajabatan Pendidikan
Ekonomi Gel. 2
T3
- Mulai Dari Diri
1. Langkah-langkah
sistematis yang telah saya ketahui sebelum memulai suatu projek
(kegiatan/program).
Menurut saya, ada beberapa hal yang harus
diperhatikan sebelum memulai suatu projek (kegiatan/program) agar dapat
berjalan dengan lancar, berkelanjutan, dan dapat memberikan perubahan yang
bermakna bagi komunitas sasarannya. Beberapa hal tersebut adalah:
·
Membentuk tim pelaksana
Membentuk tim (panitia), siapa saja
yang menjadi penanggungjawab projek, bagaimana jobdesk dari
masing-masing anggota disesuaikan dengan kemampuannya yang dapat mendukung
terlaksananya projek.
·
Analisis projek
Setelah pembentukan tim pelaksana,
adakan rapat perdana untuk melakukan analisa mendalam dalam sebuah forum
diskusi. Bagaimana pemetaan masalah, tempat dan objek sasaran.
·
Ide dasar
Dalam proses penyusunan projek juga
harus menentukan ide dasar/Prakarsa, baik dari usul individu tim pelaksana
maupun kesepakatan bersama dari hasil diskusi. Projek mana yang menjadi
prioritas untuk dilaksanakan dengan pertimbangan urgensinya.
·
Menentukan tujuan
Tentukan tujuan projek, apa alasan
projek tersebut harus dilaksanakan, kaitkan dengan latar belakang urgensi
projek di komunitas sasaran yang sudah dikomunikasikan sebelumnya.
·
Indikator keberhasilan
Tentukan indikator keberhasilan
projek agar dapat berjalan dengan lebih terstruktur dan memiliki arahan yang
jelas, dapat dengan mudah direfleksi dan memberikan perubahan yang bermakna
bagi komunitas sasaran.
·
Menentukan model,
metode dan materi
Tentukan bagaimana model, metode,
dan materi disetiap proyek. Sehingga proyek dapat terlaksana dengan jelas, dan
pihak yang terlibat juga mendapatkan informasi yang jelas dalam pelaksanaannya.
·
Alokasi dana, tempat dan
waktu
Melakukan pemetaan rancangan
projek, seperti rancangan kegiatan, target, alokasi waktu, rancangan anggaran
dana, tempat kegiatan, pihak-pihak luar yang terlibat, dan sebagainya.
·
Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan/program/projek
dimana seluruh tim pelaksana dan pihak yang terkait bekerja sesuai jobdesk
masing-masing.
·
Evaluasi
Sebagai proses refleksi bagaimana
program tersebut terlaksana, sebagai langkah perbaikan untuk projek berikutnya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan agar rencana
kegiatan/program dapat berjalan dengan baik yaitu:
·
Kerja sama tim yang baik,
termasuk bagaimana koordinasinya dari tahap persiapan, pelaksanaan, sampai
evaluasi dan laporan pertanggungjawaban. Disini penting sekali menentukan orang
yang kompeten di bidangnya, sehingga dapat menyelesaikan tugasnya secara
profesional.
·
Cuaca dan suasana yang
mendukung program, inilah pentingnya kita mengalokasikan rencana cadangan,
supaya program tetap terlaksana meskipun keadaan cuaca tidak dapat diprediksi
secara tiba-tiba.
·
Dana dan logistik yang
mencukupi sehingga baik dari panitia maupun dari peserta dapat melaksanakan
kegiatan dengan baik.
Tantangan
yang dihadapi dari proses perencanaan kegiatan/program :
Tantangan
yang dihadapi dari proses perencanaan kegiatan/program adalah bagaimana supaya
kegiatan/program dapat berjalan dengan baik, dan melampaui target yang telah ditetapkan,
sehingga kegiatan/program tersebut dapat memberikan kebermanfaatan bagi
pelaksana maupun bagi peserta.
No comments:
Post a Comment